Taukah Kamu Kenapa Kapal Laut Bisa Mengapung?

Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung

Bagikan

Kapal Laut merupakan alat transportasi laut yang digunakan untuk memudahkan kita untuk berpergian dan menggangkut barang. Kapal laut dirancang khusus untuk berlayar diperairan.Kapal laut memiliki jenis dan ukuran yang berbeda.Berikut alasan kenapa Kapal laut bisa mengapung? Dalam era eksplorasi manusia di lautan yang luas, kapal laut telah menjadi tonggak utama bagi peradaban manusia. Namun, di balik kemegahan dan kegunaannya, pertanyaan mendasar muncul : mengapa kapal laut bisa terapung di atas air yang begitu luas dan berat? 

Penyebab Kapal Laut Bisa Terapung !

1. Hukum Archimedes

Hukum Archimedes  dari segi ilmu fisika yang dikenal sebagai hukum Archimedes yang menyatakan bahwa setiap benda yang tenggelam  terdapat fluida (cairan atau gas) Tidak memiliki volume tetap .dapat mengisi wadah yang mengandung seperti udara.Fluida yang memiliki kemampuan untuk merespon tekanan pergerakkan dalam kapal.Prinsip ini menyatakan bahwa setiap benda yang terendam dalam zat cair mempunyai gaya dorongan ke atas yang disebut gaya apung.Prinsip ini menjelaskan bahwa kapal laut memiliki volume yang cukup besar  sehingga  kapal laut  bisa  mengapung di atas air hal tersebut disebabkan karena berat air yang dipindahkan oleh kapal lebih kecil daripada berat kapal itu sendiri.

 
Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung

2. Material Bangunan Kapal 

Material yang digunakan dalam pembuatan kapal memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan tekanan air dan tetap bisa mengapung ini merupakan satu alasan kenapa Kapal bisa mengapung dipermukaan laut selain hukum Archimedes material juga menjadi salah satu alasan penyebab Kapal bisa mengapung di air.Material untuk pembuatan Kapal biasanya berasal dari Aluminium atau baja.Hal tersebut memberikan kekuatan untuk menahan tekanan air sehingga Kapal bisa mengapung di air

 
Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung

3. Desain Struktural 

Selain hukum Archimedes dan material untuk bisa membantu kapal agar bisa mengapung di air. Kapal juga  harus di desain aerodinamis hal tersebut bertujuan untuk membantu meminimalkan gesekan air dan membantu pergerakkan kapal bisa mengapung diatas permukaan air. Kapal didesain aerodinamis yang dimana dalam pembuatannya kapal melibatkan berbagai aspek dari bentuk lambung, Sayap lambung,sayap air (hydrofoil). Bentuk lambung kapal dirancang untuk meminimalkan hambatan udara saat kapal bergerak di air. Bentuk ini sering kali meliputi ujung lambung yang lancip dan pinggiran yang halus, yang membantu mengurangi turbulensi udara di sekitar kapal dan mengurangi gaya gesek yang timbul..Selain itu, kapal juga dapat dilengkapi dengan sayap air (hydrofoil) yang dipasang di bawah lambung. Sayap air berfungsi untuk mengurangi hambatan air dan meningkatkan kecepatan kapal dengan mengurangi kontak langsung antara lambung kapal dan air. Dengan desain aerodinamis yang tepat, Kapal bisa bergerak lebih efisien di atas permukaan air.

 
Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung

4. Volume Yang Besar

Tak berhenti sampai disitu selain Hukum archimedes,material dan desain aerodinamis untuk bisa mengapung kapal. Kapal juga harus dilengkapi dengan system pompa bilge yang berfungsi untuk mengeluarkan air agar bisa masuk ke dalam lambung kapal Agar kapal tetap bisa mengapung. Pompa bilge merupakan salah satu komponen  penting dalam system untuk menjaga keselamatan kapal.System pompa bilge berfungsi untuk membantu mencegah kapal tenggelam akibat kebocoran. Sehingga Kapal  yang memiliki volume yang besar dapat mendorong atau memindahkan sejumlah besar air ketika terapung. Volume besar membantu meningkatkan gaya apung dan membuat kapal mampu mengapung di atas permukaan air.

 
Kenapa Kapal Laut Bisa Terapung

5. Beban Yang Di Angkut 

Beban yang diangkut juga menjadi bagian yang penting agar kapal bisa mengapung.Beban angkut merupakan bagian penting agar kapal tidak mengalami tenggelam.Karena beban yang diangkut oleh kapal pada umumnya harus seimbang dengan gaya apung. Jika beban kapal terlalu berat melebihi kapasitas apungnya Kapal bisa Tenggelam.

 
Kenapa Kapal Laut Bisa Terampung

Kisah mengapungnya Kapal Laut adalah perpaduan antara keajaiban alam dan kecerdasan Manusia. Mari kita tetap terpesona oleh harmoni yang tercipta antara Teknologi dan Alam semesta.Ayo jadikan pengetahuan ini sebagai pendorong untuk selalu belajar dan berkembang  seperti Kapal yang terus melaju dilautan tak terbatas.

Untuk menambah pengetahuan kamu jangan lupa baca artikel yang lainnya ya

BACA JUGA : 

Kenapa Kapal Laut Bisa Terampung

Surga Bawah Laut Tersembunyi Di Jawa Timur

9 Rekomendasi Termpat Wisata Di Bali Yang Wajib Kalian Kunjungi

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.