Ini Perbedaan Mendasar Antara Kopi Arabika dan Kopi Robusta

Bagikan

Siapa sih yang tidak suka meminum kopi? Minuman wajib jika sedang berkumpul dengan keluarga, sahabat maupun teman yang sudah lama tidak bertemu.

Tetapi tahukah jika kopi memiliki 2 jenis varian yang populer? Yaitu jenis kopi Robusta dan Arabika.Sebagian besar para pecinta kopi belum mengetahui perbedaannya. Dan berikut adalah perbedaan mendasar antara kopi Robusta dengan kopi Arabika.

1. Aroma

Yang pertama adalah tentang perbedaan aroma, saat pertama melihat kopi yang baru diseduh pasti akan memancing untuk mencium aromanya. Untuk kopi Arabika aroma yang dikeluarkan seperti campuran antara wangi buah dan bunga, sementara untuk kopi Robusta lebih ke aroma harum condong ke manis.

2. Cita Rasa

Setelah mencium aromanya, hal berikutnya adalah merasakannya. Setelah melalui berbagai proses pengolahan kopi Robusta memiliki variasi rasa yang kuat dan lebih tajam. Sedangkan kopi Arabika memiliki aroma yang lebih variasi tergantung dengan jenisnya mulai dari manis, lembut hingga kuat.

3. Kadar Kafein

Biji kopi Arabika memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabika sebesar 0,8 – 1,4%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 1,7 – 4,0%.

4. Lingkungan Penanaman

Kopi Arabika tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 15-24°C. Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 24-30°C.

5. Harga

Dari sisi harga, kopi Arabika lebih mahal daripada kopi Robusta. Bahkan harga kopi Arabika hampir dua kali lebih mahal dari harga kopi Robusta. Kopi instan yang umumnya ditemukan di supermarket biasanya adalah kopi robusta.

 

Jadi, kopi jenis apa yang menjadi favorit Darma People?

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.