Karimun Jawa Wisata Surga Indonesia

Karimun Jawa

Bagikan

Karimun jawa, siapa yang tak kenal?

Karimun Jawa Gugugusan pulau surga  di laut Jawa tersebut menawarkan keindahan yang membuat mereka yang datang ke sana ingin datang lagi. Karimun jawa terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Kalau dari dulu banyak orang mengenal Jepara sebagai gudang mebel dan ukir, sekarang Jepara juga dikenal punya tempat wisata bahari yaitu Pulau Karimun jawa .

Menurut cerita masyarakat setempat, asal muasal nama Karimun jawa adalah dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria yang nakal dan merupakan murid Sunan Kudus. Ia dibuang ke kepulauan yang bila dilihat dari kejauhan disebut kerimun-kerimun dalam bahasa Jawa atau berarti samar-samar dalam bahasa Indonesia. Lama kelamaan, kepulauan tersebut akrab dipanggil sebagai Kepulauan Karimun jawa., Berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa sejak tahun 2001 memiliki nama resmi Taman Nasional Karimun jawa. Taman Nasional Karimun jawa terdiri atas gugusan 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk di kepulauan ini. Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi karena keindahan alamnya antara lain Pulau Pulau Gosong Karimun jawa ,Menjangan Besar, Tanjung Gelam , Menjangan Kecil, dan Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam. Ayo kita kunjungi pulau-pulau tersebut satu per satu!

1. Pulau Gosong KARIMUN JAWA

Pulau Gosong Karimun jawa terletak di sebelah timur Karimun jawa dengan perjalanan sekitar 1 jam dari pulau Karimunjawa. Anehnya di pulau Gosong ini tidak ada pohon-pohanan atau tumbuh-tumbuhan yang hidup karena di pulau Gosong ini hanya pasir putih yang letaknya di tengah-tengah laut.

Disini anda bisa menikmati berenang dengan alas pasir putih yang halus serta bisa menikmati indahnya berfoto di pasir putih dengan background gunung Karimunjawa. Selamat menikmati Pulau Gosong Karimunjawa .

2.Pulau Menjangan Besar KARIMUN JAWA

Pulau menjangan besar Karimun jawa merupakan pulau yang paling dekat dengan Karimunjawa, karena kita hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit menggunakan kapal wisata kita bisa sampai di pulau menjangan besar. Pulau menjangan besar terkenal dengan penangkaran hiu dan perkembangbiakan kura-kura.

Di pulau menjangan besar ini anda bisa menikmati sensasi berenang bareng dengan ikan hiu yang bisa memacu adrenalian anda. Memang terlintas dipikiran anda sangat menakutkan karena ikan hiu termasuk ikan karnivora, tapi anda tidak perlu khawatir karena ikan hiu di Pulau Menjangan Besar ini tidak seperti yang anda bayangankan karena sudah jinak. ayo datang ke Pulau menjangan besar Karimunjawa

3. Pulau Tanjung Gelam

 Pulau Tanjung Gelam merupakan pulau yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan Tanjung Gelam memang identik dengan sunset karena di pantai ini kita bisa mendapatkan pemandangan sunset yang paling bagus dari tempat lainnya di Karimunjawa. Kita bisa melihat indahnya pemandangan sunset langsung tanpa ada yang menghalangi. Suasana seperti ini mungkin jarang Anda temui

jika melihat sunset di kota Anda. Satu yang perlu diingat, kita harus jeli dan pintar memilih saat liburan ke Pulau Karimun Jawa dengan menggunakan jasa biro wisata.

Karimunjawa memang sangat mempesona dengan keindahan bawah lautnya. Tapi tidak sampai disitu, Karimun jawa siap mempesona  melalui sunset cantiknya di Pantai Tanjung Gelam.Pantai ini menjadi spot paling sempurna bagi  untuk bisa menikmati sunset di kepulauan karimunjawa. bisa melihat bagaimana matahari tenggelam di bagian selatan pantai diantara bebatuan yang cantik.

4. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil pantas dikunjungi karena di perairan sekitar pulau ini terdapat banyak ikan kecil berwarna-warni yang cantik.

Selain itu alasan utamanya yaitu disini merupakan sarang atau tempat tinggal dari ikan-ikan hias laut tersebut, jadi selama lokasi tersebut masih terjaga dengan baik tanpa adanya ekploitasi yang berlebihan, maka ikan-ikan terbsut masih akan tetap ada di perairan sekitar Maer spot Menjangan Kecil. Pulau ini memiliki pantai dan dasar laut yang indah dengan air yang jernih. Pulau ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba snorkeling.

mengabadikannya dalam bentuk foto dengan ikan. Spot ini adalah salah satu spot andalan dan ikon di karimun jawa, waktu akan terasa singkat saat anda bersnorkeling di spot maer ini. Karena anda pasti akan betah berlama-lama berenang bersama ikan-ikan yang sangat banyak serta terumbu karang yang sangat bagus.

 5.Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar

 Pada kedua pulau ini terdapat banyak pohon ce-mara yang mungkin men-jadi dasar nama kedua pulau ini. Hal unik lainnya adalah ada-nya daratan pantai dengan pasir putihnya yang men-jorok ke laut.

Pasir Putih dan Jernihnya Air Laut Yang Eksotis ,Seperti yang saya kemukakan di atas, Pulau Cemara Besar menjadi salah satu tujuan pulau wisata di Taman Nasional Karimun jawa, jikalau angin timur datang pulau ini sangat ramai di kunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar negeri, jernihnya air laut dan pasir putih yang eksotis menjadi daya tarik magnet tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke pulau Cemara Besar Karimun Jawa.

Bagaimana? Seru sekali bukan? Ternyata ada banyak tempat wisata di Indonesia yang menarik dikunjungi bukan? Tunggu apalagi, segera buat rencana perjalanan ke Karimunjawa sobat, tentukan tempat mana saja yang akan kita kunjungi, sesuaikan dengan budget. Sungguh sangat mengesankan ketika anda berkunjung kesana. Don’t miss it!!

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.