5 Hotel Bersejarah di Indonesia Yang Karismatik

5 Hotel Bersejarah di Indonesia

Bagikan

Perkembangan hotel di Indonesia memang tak lepas dari masa silam yang penuh sejarah.

Hotel yang sekarang berdiri hampir di setiap wilayah Indonesia juga banyak yang menyimpan sejarah yang sayang untuk hanya sekedar di lupakan. Mulai dari tempat berdirinya, tahun berdiri, dan latarbelakang berdirinya hotel tersebut. Berikut 5 hotel bersejarah di Indonesia yang masih bisa kita singgahi untuk bermalam ataupun sekedar bernostalgia dengan nuansa sejarahnya.

1. Hotel Majapahit, Surabaya

Hotel Majapahit Surabaya

Mungkin hotel ini adalah maskotnya hotel bersejarah yang ada di Indonesia. Terletak di Jl. Tunjungan No.65, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Hotel yang dahulu terkenal dengan nama Hotel Yamato ini di bangun pada tahun 1910 oleh Sarkies bersaudara dari Armenia. Hotel ini memiliki nilai sejarah salah satunya perobekan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo pada tahhun 1945. Insiden bendera itu juga mengakibatkan terbunuhnya Mr. Pluegman.


2. Hotel Ambarrukmo Palace, Yogyakarta

Royal Ambarrukmo Palace Yogyakarta

Terletak di Jl. Laksda Adisucipto No.81, Catur Tunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hotel Ambarrukmo dibuka pada tahun 1966 sebagai hotel mewah pertama di Yogyakarta. Berbicara sejarah hotel ini tidak bisa lepas dari Sultan Hamengku Buwono V yang membangun Pesanggrahan Ambarrukmo. Pada tahun 1895-1897, bangunan ini direnovasi oleh Sultan Hamengku Buwono VII. Hotel yang sempat terlantar pada tahun 2005 ini sekarang berganti nama menjadi Ambarrukmo Palace Hotel Yogyakarta dengan nuansa yang lebih modern.


3. Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Berlokasi di Jalan M.H. Thamrin No. 1, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Hotel yang diresmikan pada tahun 1962 oleh Presiden Ir. Soekarno ini sering di jadikan tempat makan malam oleh Presiden Ir. Soekarno untuk menjamu para tamunya. Acara penting lain yang sempat menggunakan Hotel Indonesia adalah Asian Games ke IV yang berlangsung di tahun 1962. Dengan nilai sejarah yang cukup kental membuat daya tarik sendiri bagi para pengunjungnya.


4. Hotel Salak The Heritage, Bogor

Hotel Salak The Heritage Bogor

Beralamat di Jalan Ir. Haji Juanda No.8, Bogor, Jawa Barat. Hotel yang arti (Perak dalam bahasa sansekerta Salak) adalah hotel bintang 4 yang memiliki nilai sejarah kental. Hotel yang dahulunya bernama Binnenhof Hotel ini adalah salah satu hotel yang paling sering di kunjungi oleh para wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Buitenzorg (sebutan Bogor masa itu).


5. Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung

Hotel Savoy Homann Bidakara Bandung

Terletak di Jl. Asia Afrika No.112, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Dulunya dirancang oleh arsitek Belanda bernama Albert F. Aalbers pada akhir 1800-an. Saat pembangunannya usai, gedung ini bertukar nama jadi Hotel Savoy pada th. 1939. Bangunan Hotel Savoy Homann juga mulai sejak waktu itu jadi satu diantara bangunan lambang kota Bandung lantaran arsitektur art deco-nya yang menarik untuk dilihat para wisatawan.


Hotel bersejarah mana yang ingin Darma People kunjungi?

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.