Darmawisata Indonesia
Berbagi informasi, promosi wisata, tips dan trik seputar tour, travelling, hotel, tiket pesawat, bus, kapal laut, umroh, haji, harga murah ...

5 Tempat Kuliner Ini Dapat Anda Kunjungi di Kota Kediri

5 Tempat Kuliner Ini Dapat Anda Kunjungi di Kota Kediri

Beragam makanan unik dijajakan oleh para pedagang makanan. Banyak makanan dan minuman yang bisa melepaskan dahaga dan rasa lapar.  5 tempat ini wajib Anda kunjungi jika berada di kota Kediri!


1. Sate Emprit

1. Sate Emprit
1. Sate Emprit

Burung ini dari dulu selalu menjadi musuh para petani, bayangkan saja petani susah-susah menanam padi, malah sering di curi sama burung yang bertubuh mungil ini. tetapi di tangan Pak Darmanto, burung mungil ini ditusuk-tusuk  menjadi sate yang pal­ing disukai penggemar kuliner termasuk petani. Namun, tak perlu khawatir karena dalam penyajiannya makanan disajikan sudah tidak dalam bentuk burung. Dalam pengolahannya kepala dan kaki dibuang, kemudian daging dipotong menjadi beberapa bagian lalu ditusuk-tusuk. Selanjutnya dibakar dan dilumuri bumbu dan kecap manis.

Warung milik Pak Darmanto ini buka mulai pukul 16.00-21.00 WIB. warung Sate Emprit diJl Wahidin, Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sate Empritdisini memiliki ciri khas tidak berbau amis, tidak lengket, dan memiliki rasa gurih. Untuk Sate Emprit berharga sekitar Rp 15.000,- per porsi, sedangkan untuk krengsengan emprit dan emprit goreng berharga sekitar Rp 12.000,-.

Selain rasanya yang lezat, ternyata sate emprit ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Yaitu burung emprit dipercaya bisa menyembuhkan penyakit lemah jantung serta menambah stamina bagi tubuh.


2. Soto Kediri

2. Soto Kediri
2. Soto Kediri

Soto Kediri ini disajikan dengan nasi hangat dan bahan pelengkap lainnya seperti kol, kecambah, irisan telur dan suwiran daging ayam. Sebagai penambah rasa disediakan juga jeruk nipis, cabe rawit dan kecap. Untuk penyajian Soto Kediri ini, biasanya penjual menyajikannya secara terpisah sehingga kita bisa meracik sendiri sesuai dengan selera kita. Selain itu beberapa penjual Soto Kediri juga menyediakan ayam bakar sebagai pendamping sajian sotonya. Ayam bakar ini juga merupakan menu special, karena  dagingnya dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar, sehingga bumbunya lebih meresap dan tingkat kematangannya maksimal.

Soto Kediri ini terdiri dari bahan ‚Äď bahan yang sama dengan soto ayam pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah kuah sotonya. Kuah Soto Kediri ini dibuat dengan tambahan santan sehingga menghasilkan kuah yang sedikit kental, lebih gurih dan menyegarkan. Kuah santan ini lah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Soto Kediri dan berbeda dengan soto lainnya. Satu porsi soto ayam + nasi hanya Rp7.000,-. Warung soto ini buka dari pagi pukul 08:00 ‚Äď 14:00 WIB.¬†

Soto Kediri adalah makanan khas Kota Kediri, Jawa Timur. Soto ini sekilas sama dengan soto ayam biasa, tetapi berkuah santan sehingga terasa gurih. Soto Kediri banyak dijual di kawasan Terminal Tamanan, Mojoroto, Kota Kediri, karena dijual didaerah tamanan sejak 1969, sehingga soto ini disebut juga Soto Tamanan.


3. Nasi Pecel Tumpang

Di tempat asalnya. Di Kota Kediri misalnya, setiap malam, di sepanjang Jl Doho saja selalu berjajar puluhan pedagang nasi tumpang. Tidak heran, akhirnya kawasan yang saat malam hari menjadi pusat perbelanjaan, berubah total saat lampu jalan mulai dinyalakan. Setiap malam, sekitar pukul 21.00 WIB, para pedagang kuliner khas Kota Kediri tersebut sudah mulai mempersiapkan dagangannya. Ada yang menggunakan meja atau kursi kecil. Ada juga yang lebih menyukai sensasi lesehan di atas tikar atau karpet.

Seperti diketahui, sambal tumpang sendiri terbuat dari tempe yang telah busuk. Sering disebut juga tempe bosok (jawa,red). Setelah itu, tempe busuk dimasak dengan aneka bumbu seperti cabai, bawang, garam, serta aneka bumbu lainnya. Banyak yang mungkin tidak mengira bahwa bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal tumpang adalah tempe busuk. Tak perlu khawatir dengan itu, masyarakat pasti akan ketagihan setelah mengetahui rasanya.Makanan yang sering dipakai sebagai pelengkap nasi tersebut bahkan tidak terpengaruh dengan banyaknya sajian-sajian kuliner yang baru-baru ini muncul. Dengan harga satu porsi antara Rp 8 .000.

Peran pemerintah daerah setempat untuk terus memperkenalkan sajian kuliner khas Kediri tersebut juga menjadi salah satu alasan nasi tumpang tetap bertahan. Banyaknya promosi dan perkenalan juga menjadikan semakin banyaknya masyarakat mengenal keberadaan nasi tumpang khas Kediri tersebut.


4. Nasi Goreng Arang

4. Nasi Goreng Arang
4. Nasi Goreng Arang

Salah satu kuliner yang wajib di coba di kota Kediri adalah Nasi Goreng Arang. Nasi Goreng Arang ini proses memasaknya masih menggunakan anglo dan arang. Jangan heran ketika berada di kota Kediri dan mendapati kebanyakan penjual nasi goreng dan bakmi goreng masih menggunakan anglo dan arang. Dan gerobak-gerobak yang digunakan mempunyai kemiripan satu dengan yang lainnya. Proses memasak dengan menggunakan arang memang lebih lambat dan sedikit merepotkan. Ada penjual yang masih menggunakan kipas yang digerakkan dengan tangan layaknya penjual sate untuk membakar bara api di arang namun ada juga yang menggantinya dengan kipas kecil yang sudah terhubung dengan listrik.

Biasanya penjual nasi goreng arang di Kediri ini tidak hanya berjualan menu nasi goreng saja. Tapi ada juga bakmi goreng / rebus dan krengsengan ayam. Krengsengan ayam ini mirip dengan rica-rica. Oiya, satu hal yang berbeda dengan bakmi yang dijual di Kediri. Kebanyakan bakmi yang dipakai adalah bakmi yang lebar seperti kwetiau. Di Kediri sangat mudah untuk menemukan penjual nasi goreng ini. Sentranya adalah jalan Dhoho Kediri.

Nasi Goreng Arang Pak Heri mulai buka setelah jam 6 sore sampai dengan jam 12 malam. Terkadang sebelum jam 12 pun sudah tutup kalau jualannya sudah habis. Soal harga juga masih relatif terjangkau. Untuk nasi goreng, mie, nasi mawut dibanderolnya dengan harga Rp 12.000 tiap porsi.


5. Tahu Takwa

5. Tahu Takwa
5. Tahu Takwa

Tahu Kuning atau dikenal dengan sebutan Tahu Takwa adalah tahu yang berwarna kuning, yang disebabkan karena air rendaman tahu diberi kunyit atau pewarna sintesis. Tahu kuning merupakan makanan khas Kota Kediri, karena sentra (pusat) pembuatannya banyak dijumpai di Kediri. 

Tahu kuning memiliki bentuk kotak persegi empat dan agak pipih. Tahu ini juga memiliki kepadatan yang lebih baik dibandingkan tahu putih, sehingga ketika dipotong tahu tidak mudah hancur. Selain itu, tahu kuning memiliki tekstur kenyal, berpori halus, dan lembut. Dari segi rasanya, tahu kuning memiliki rasa yang gurih tanpa rasa asam sama sekali. Jika digoreng, bagian luarnya akan berubah menjadi kering dan renyah, sedangkan bagian dalam tetap lembut dan kenyal.

Pusat oleh-oleh Khas Kediri banyak tersebar di Kota Kediri, salah satunya berada di Jl. Yos Sudarso,¬†Kota Kediri, Jawa Timur. Mulanya, tahu ini berwarna putih, namun berdasarkan catatan Chu Ku Fei dari Cina, kota Kediri ini identik dengan nuansa kuning. Pendiri pabrik tahu pertama di Kediri ini pertama kali didirikan oleh Bah Kacung pada tahun 1901. Jam buka tahu takwa jam 09.00 ‚Äď 18.00 wib. Harga tahu takwa mulai Rp 10.000 ‚Äď Rp 20.000 saja.


Jika Darma People sedang mengunjungi kota Kediri yang mempunyai pusat jajanan unik diatas, jangan lupa untuk mengunjungi supaya bisa merasakan keseruan di tempat-tempat yang mempunyai ciri khas dengan suasana yang indah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.