Wisata Pilihan Gunung Wilis Kediri

Gunung Wilis

Bagikan

Gunung Wilis yang membentang di wilayah enam kabupaten di Jawa Timur (Jatim) terkenal dengan kondisinya yang masih belum tersentuh dan  belum terjamah.

Tidak banyak pendaki yang menyusuri lereng hingga puncak Wilis.

Disinggung mengenai mitos keangkeran Gunung Wilis yang membuat takut pendaki, Kabid Pariwisata Dinas Perindustrian, Koperasi, Perdagangan, dan Pariwisata (Dinkopindagpar) Kabupaten Madiun, Isbani, menjawab tidak sepenuhnya benar.

Menurut dia, Gunung Wilis memang belum memiliki jalur pendakian resmi sehingga belum banyak lokasi yang terjamah wisatawan—termasuk para pendaki gunung. “Gunung Wilis memang tergolong masih cukup perawan. Tidak ada pengelolaan khusus [pendakian] karena beberapa tempat di Gunung Wilis masuk wilayah [milik] Perum Perhutani.

Air Terjun
Sementara itu Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 2.563 m di atas permukaan laut (mdpl) tersebut menyimpan potensi pariwisata berupa panorama air terjun Dholo dan air terjun
Ironggolo . Pengelolaan wisata kedua air terjun dipegang Pemkab Kediri. Gunung Wilis menyimpan jalur-jalur yang belum terekspos masyarakat.

Air Terjun Dolo
Dengan perjalanan 60 menit dari kabupaten kediri, dengan rute terminal baru kediri ke barat sampailah saya di bagian timur lereng Gunung Wilis. Awalnya saya melihat hal biasa saja,  baru setelah saya dan saudara menuruni anak tangga sedikit berasa menarik perhatian saya karna keluar pertanyaan bahwa seberapa jauh saya harus turun. Butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk menuruni anak tangga dan itu usaha yang lumayan untuk mengeluarkan keringat, secara spesifik saya tidak menghitung berapa jumlah anak tangga untuk menuju air terjun tersebut, tapi yang jelas itu lumayan capek.

Beberapa moment abadikan disana, sebelum tiba waktunya waktu membawa hari semakin larut, karena berada di lereng gunung dan di kerumunan pohon – pohon suasana tenang sangat terasa. Waktu turun 30 menit tapi tidak menyangka waktu naik dapat 2 kali lipatnya, waktu menaiki anak tangga dari air terjun ke tempat parkir menempuh waktu 60 menit dan menghabiskan seluruh tenaga.

Mungkin bisa bermanfaat bagi yang penasaran mencoba tangga untuk olahraga. Sekian terima kasih.

“Pendakian gunung Wilis tidak begitu populer namun tak jarang pula para pendaki memilih gunung ini sebagai destinasi muncak mereka. Banyak pendaki yang urung untuk mendaki Gunung Wilis masih benar-benar perawan untuk pendakian formal. Pada jalur pendakian juga banyak kita temui benda-benda sakral atau benda yang bisa dibilang situs bersejarah,”

 Air terjun Irenggolo

Air terjun Irenggolo, memiliki ketinggian 1200 M dari permukaan laut, dan terletak kawasan Besuki, tepatnya di gugusan lereng gunung Wilis.

Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya yang setinggi 80 Meter itu membentuk undakan-undakan kecil dengan pemandangan alam yang luar biasa indah dan ditambah dengan udara yang dingin dan sejuk.

Air terjun ini berjarak 28 Km arah barat daya kota Kediri, hanya 30 menit berkendara dan bisa dilalui dengan mudah, karena jalan yang mengantarkan ke air terjunpun relatif mudah dan mulus.

Dekat dengan air terjun Irenggolo, terdapat pula air terjun Dolo yang terletak 4 Km dari Irenggolo, dengan ketinggian 90 Meter.

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.