Pesona Wisata Cobanrondo Batu Malang

Coban Rondo

Bagikan

Objek wisata Air Terjun Coban Rondo terletak Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Malang, Jawa Timur, 12 Km dari Kota Batu, tepatnya berada di desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jalan menuju objek wisata Air Terjun Coban Rondo bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses menuju lokasi pun sudah sangat baik, yakni sudah beraspal.

Asal Nama Coban Rondo Konon, berawal dari sebuah kisah asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Saat usia pernikahan mereka yang ke Selapan (36 hari), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Berdasarkan adat orang Jawa, jika usia pengantin masih Selapan, maka mereka belum diperbolehkan meninggalkan rumah terlalu jauh. Oleh sebab itulah, mereka dilarang untuk pergi ke Gunung Anjarwati oleh orang tua Raden Baron.

Namun, keduanya bersikeras berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Di tengah perjalanan, tiba-tiba muncul Joko Lelono yang ternyata terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati. Raden Baron pun memerintahkan anak buahnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi yang terdapat Air Terjun (dalam bahasa Jawa disebut Coban). Raden Baron dan Joko Lelono bertempur hebat hingga keduanya pun tewas. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi Janda (dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo.

Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati.

  1. Tempat outdoor yang mempunyai area camping ground yang luas.
  2. Buat yg gemar berpetualang, tracking ke Cuban Tengah bisa jadi opsi menawan.
  3. Cocok untuk wisata bersama keluarga dan teman selain cukup terjangkau harganya dan juga mudah transportasinya.
  4. Menaiki atau menunggang kendaraan wisata seperti bersepeda gunung, berkuda dan naik kereta kelinci.
  5. Menikmati beberapa wahana yang ada di sekitar air terjun, diantaranya:
    • Fun Tubing
    • Paint ball

pastinya bisa anda rasakan langsung sendiri ketika anda berjalan serta merasakan setiap langkah kaki menelusuri seluruh area air terjun yang tampak begitu indah sekali. Setelah anda merasakan langsung bagaimana keindahan Sang Pencipta mempesona anda bisa melihat pemandangan air yang begitu jernih sekali dengan percikan air yang tidak terlalu deras  setiap percikan air yang menerjang menyejukan hati.

Tips Berwisata di Air Terjun Roban Rondo

  • Gunakan jaket, sarung tangan, kaos kaki, masker, topi hangat agar anda tidak kedinginan.
  • Sebaiknya bawa kendaraan sendiri atau ngojek karena jarak dari pintu masuk ke area waterfall sangat jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.
  • Berhati-hatilah jika kantong makanan terutama kacang, karena jika diminta monyet di daerah tersebut harus diberi, jika tidak monyet tersebut akan marah.
  • Patuhi beberapa peraturan yang ada saat berkunjung ke lokasi ini, yakni dilarang mandi atau berada di bawah air terjun dan apabila hujan lebat turun maka pengunjung diwajibkan untuk meninggalkan lokasi wisata. Karena ditakutkan akan terjadi banjir ataupun longsor.

Demikianlah informasi seputar Review, Legenda dan Harga Tiket Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang. Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi tempat hiburan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

 

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.