Mengenal 6 Destinasi Wisata di Bolaang Mongondow, Tempat Anti Mainstrem untuk Liburan

pulau-nenas

Bagikan

Bagi wisatawan, Provinsi Sulawesi Utara terkenal dengan Taman Laut Bunaken. Namun jika diteliti, pada bagian barat provinsi ini terdapat salah satu kabupaten yang sangat kaya akan sektor pariwisata, tempat tersebut bernama Bolaang Mongondow.

Bolaang Mongondow adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Utara dengan Lolak sebagai ibukotanya. Tak banyak yang tau tentang pesona wisata yang ada di kabupaten ini. Danau, Pantai, Bukit hingga kearifan lokal masyarat Bolaang Mongondow akan menghipnotis siapapun yang mengunjungi daerah ini.

Lalu, destinasi wisata apa saja yang dimiliki Bolaang Mongondow? Check this out!


1. Pulau Nenas
pulau-nenas-2
Foto oleh @farly_loho | Instagram

Pulau Bambuyanoi atau yang kerap disapa Pulau Nenas berada di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tepatnya berlokasi di bagian timur dari bibir Pantai Tutuyan. Pulau yang masih alami dan belum berpenghuni ini sudah menjadi objek wisata andalan penduduk setempat disaat musim liburan. Letaknya yang strategis juga menjadi salah satu keunggulan pulau kecil ini. Hanya berjarak 5 km dari daratan, Pulau Nenas bisa dijangkau dengan menggunakan kapal nelayan dengan waktu sekitar 15-20 menit saja.

Pulau Nenas memili banyak tempat yang bisa untuk dijelajahi. Selain hamparan pasir putih, keunikan biota laut, dan pemandangan pantai yang menakjubkan, Pulau Nenas juga memiliki danau alami berair payau yang terletak disalah satu sudut pulau.


2. Pantai Babo Moonow
pantai-babo-moonow
Foto oleh @kadeabena | Instagram

Pantai Babo Moonow hanya berjarak 25 menit dari ibukota kabupaten Bolaang Mongondow, Lolak. Berlokasi strategis di jalur trans Sulawesi menjadikan pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Memiliki keunggulan pasir putih yang halus, Pantai Babo Moonow sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga karena bentuk pantainya yang landai dan juga sangat rindang.


3. Pulau Molosing
pulau-molosing
Foto oleh http://mingthienhuekenhau.blogspot.com

Jika di sisi selatan ada Pulau Nenas yang ekstotik dengan danau air payaunya, di sebelah utara juga tidak mau kalah. Pulau Molosing, sebuah pulau yang tidak berpenghuni berlokasi di utara pantai Molosing ini juga wajib untuk dijelajahi jika mengunjungi Bolaang Mongondow. Jika beruntung, pengunjung bisa berkesempatan untuk melihat sekawanan penyu. Pulau ini juga menjadi spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam (sunset).


4. Tanjung Silar
tanjung-silar
Foto oleh @rax23_ | Instagram

Terletak di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Tanjung Silar adalah sebuah pantai yang diapit oleh 2 tebing tinggi sehingga menyerupai tanjung. Pantai yang tergolong kecil ini sukses mencuri perhatian para wisatawan karena hampir menyerupai Pantai Navagio di Yunani. Selain pemandangannya yang menawan, pasir putih dan perpaduan gradasi air laut dari hijau ke biru tua menjadi nilai jual dari Tanjung Silar.


5. Gunung Ambang
gunung-ambang
Foto oleh @kiki_tonjhie | Instagram

Untuk para pendaki, Gunung Ambang wajib masuk ke daftar gunung untuk dijelajahi. Gunung Ambang terletak di 3 bagian yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Gunung Ambang mungkin tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya. Namun dengan ketinggian 1795 mdpl, Gunung Ambang menawarkan spot keindahan yang sungguh berbeda dengan mayoritas gunung-gunung lainnya. Hanya menempuh waktu sekitar 30 menit dari Kota Kotamobagu, pendaki sudah bisa untuk memulai menjelajah Gunung Ambang.


6. Danau Moat
danau-moat
Foto oleh @qwitaer | Instagram

Bicara Bolaang Mongondow pasti sulit lepas dari kata danau. Salah satunya adalah Danau Moat, memiliki luas sekitar 617 hektar pada ketinggian 1.100 mdpl yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Berada di ketinggian, suhu udara di Danau Moat bisa dibilang cukup sejuk, sangat cocok untuk wisata saat berkumpul dengan keluaraga. Pada saat pagi hari, pengunjung masih bisa melihat kabut tipis diatas permukaan air. Memancing bisa menjadi kegiatan wisatawan jika mengunjungi Danau Moat.

Masih banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi saat mengunjungi Bolaang Mongondow. Menikmati cita rasa khas kopi Boltim juga wajib untuk dicoba. Jadi, kapan kamu liburan ke Bolaang Mongondow?

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.