Ada Apa Dengan 10 Hari Awal Pertama Bulan Dzulhijjah

Ada Apa Dengan 10 Hari Awal Pertama Bulan

Bagikan

Bulan Dzulhijjah disebut Bulan Haji, Siapapun yang mengerjakan amalan sholeh di 10 hari awal bulan Dzulhijjah maka akan mendapat cinta Allah.

10 Hari pertama Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang penuh ampunan dan kesempatan meraih pahala, Jika tidak dibulan Dzulhijjah lantas dibulan apa lagi? Para ulama mengatakan Tidak ada amalan yang bisa menandingi amalan di 10 hari Bulan Dzulhijah. Amalan ini apabila dikerjakan bisa menuntaskan permasalahan, membuat pribadi lebih baik, membuka pintu gerbang surga, menghadirkan khusnul khotimah dan mendekatkan diri ke Allah. Untuk itu mari meraih kesempatan untuk berlomba mengerjakan amalan sholeh di bulan Dzulhijjah.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر. قالوا ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذالك بشيء. (رواه البخاري)

“Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah –pen).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah ?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid –pen).” (HR. Al Bukhari)

Keutamaan 10 hari awal Bulan Dzulhijjah

Islam disempurnakan oleh Allah pada bulan Dzulhijjah
Allah berfirman:


الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا


“Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan telah Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian, dan Aku telah meridhai Islam itu agama bagi kalian.” (Qs. Al Maidah: 3)

1. Puasa

Berpuasa di 10 hari bulan Dzhulijjah, Memiliki keistimewaan yaitu bisa menghapus dosa,bebas dari siksa neraka,dan mendapat pahala yang berlipat.Keutamaan besar menunaikan Puasa Tarwiyah dan Arafah Bisa menghapus dosa 2 Tahun.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


والذي نفسي بيده لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah daripada wangi minyak kasturi.” (Muttafaqun ‘alaih)

2. Dzikir

Dzikir menjadi amalan yang bisa dikerjakan dalam sehari-hari untuk menghapus dosa dan mencari ketenangan. Dzikir bisa digunakan untuk memperkuat hubungan dengan Allah dan merasa lebih dekat dengan Nya. Dengan Berzikir kita menjadi pribadi hamba yang selalu mengingat Allah untuk meraih, Keberkahan yang melimpah didunia maupun diakhirat.

Allah berfirman:
ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم الله في أيام معلومات
“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan” (Qs. Al Hajj: 28)’’
Berdzikir yang lebih diutamakan di hari-hari yang sepuluh ini adalah memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid.

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد

“Maka perbanyaklah di hari-hari tersebut dengan tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad, Shahih)

3. Tilawah Al-Qur’an

Tilawah Al-Qur’an menjadi hal yang penting untuk membersihkan hati dan meraih keberkahan dalam kehidupan.Al-Quran biasanya dijadikan obat. Siapa yang menjadikan Al-Quran sebagai wirid maka akan mendapat keberuntungan di dunia hingga akhirat. Satu huruf bernilai sepuluh kebaikan lebih baik dibaca di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah.
Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

القرآن أفضل الذكر

“Al Qur’an adalah sebaik-baik dzikir.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih)

4. Sedekah

Sedekah atau shodaqoh merupakan kegiatan yang dilakukan umat islam untuk memberikan harta benda yang kita miliki dan membagikannya ke fakir miskin. Manfaat sedekah bisa menghapus dosa-dosa, bisa membuka pintu rezeki.Sedekah biasanya dilakukan bagi yang mampu.

Allah berfirman menceritakan saat-saat seseorang menjelang ajalnya:

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkanku sampai waktu yang dekat, sehingga aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih.” (Qs. Al Munaafiquun: 10).

5. Kurban

Ibadah kurban dilaksanakan dihari raya Idul Adha bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah, muslim diajarkan untuk berbagi rezeki dengan orang lain. Keutamaan berkurban bisa menghilangkan sifat buruk, terdapat kebaikan dari setiap helai bulu pada hewan bernilai kebaikan, menjadi kendaraan menuju Surga.
Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من صلى صلاتنا، ونسك نسكنا، فقد أصاب النسك. ومن نسك قبل الصلاة فلا نسك له

“Barangsiapa yang shalat seperti kita shalat, dan berkurban seperti kita berkurban, maka sungguh dia telah mengerjakan kurban dengan benar. Dan barangsiapa yang menyembelih kurbannya sebelum shalat ‘Idul Adh-ha, maka kurbannya tidak sah.” (HR. Al Bukhari)

6. Haji

Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima,Yang wajib dilakukan bagi umat muslim yang mampu dari segi fisik dan finansial. Ibadah Haji dilakukan Pada Bulan Dzulhijjah.Tujuan dari ibadah Haji untuk menghapus dosa yang dilakukan seorang Muslim.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الحج أشهر معلومات

“Haji itu pada bulan-bulan yang tertentu.” (Qs. Al Baqarah: 197)
Yang dimaksudkan dengan haji dalam ayat di atas adalah ihram untuk haji bisa dilaksanakan dalam bulan-bulan yang sudah ditentukan, yaitu: Syawwal, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah. Selain bulan-bulan tersebut, maka ihram seseorang untuk haji tidak sah.

Darmawisata Indonesia
Persiapkan Diri Anda untuk Ibadah Umroh

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.