7 Kereta Api Tercepat Di Dunia Yang Belum Banyak Orang Ketahui

7 Kereta Api Tercepat Di Dunia

Bagikan

Beberapa negara maju bersaing ketat dalam mengembangkan Kereta Api Tercepat. Industri kereta cepat memang berkembang sangat pesat dan menjadi gengsi tersendiri dalam perkembangan moda transportasi modern.

Tōkaidō Shinkansen atau “kereta peluru” Jepang pada tahun 1964 merupakan pelopor kereta api berkecepatan tinggi pertama. Setelah Jepang, Train a Grande Vitesse (TGV) dari Perancis tidak mau ketinggalan

Beberapa dekade kemudian, negara-negara seperti Cina, Jerman, Italia, Spanyol, bahkan negara dari Afrika yakni Maroko tidak mau ketinggalan. Bahkan China dalam satu dekade terakhir telah membangun jaringan kereta baru sepanjang 38.000 km yang menjangkau sampai setiap sudut negeri. Meski begitu, Jepang ingin kembali mendominasi dengan proyek kereta cepat terbarunya yang sedang dikembangkan yakni L0 Series Maglev. Berikut ini adalah 7 kereta tercepat di dunia yang dilansir dari Travelandleisure, Jumat (17/6/2022).

Shanghai Maglev Train

Berikut 7 Kereta Api Tercepat Di Dunia

Kereta Api Tercepat di dunia biasanya menggunakan teknologi canggih dan dirancang khusus untuk mencapai kecepatan tinggi. Berikut adalah Tujuh Kereta Api Tercepat di dunia

 
 
 

1. TGV (Train à Grande Vitesse) – Perancis:

TGV adalah kereta api kecepatan tinggi yang beroperasi di Prancis dan beberapa negara tetangga. Kereta api ini dapat mencapai kecepatan maksimum lebih dari 300 km/jam.

2. Shinkansen – Jepang:

Shinkansen, juga dikenal sebagai kereta cepat Jepang, memiliki berbagai jenis dengan kecepatan berbeda. Beberapa jenisnya, seperti Shinkansen N700 dan Shinkansen E5, dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam.

3. Eurostar – Eropa:

Eurostar menghubungkan London dengan kota-kota di Eropa seperti Paris dan Brussels. Kecepatan maksimum Eurostar dapat mencapai lebih dari 320 km/jam.

4. Shanghai Maglev – Tiongkok:

Shanghai Maglev adalah kereta magnetik yang menghubungkan Bandara Internasional Pudong dengan pusat kota Shanghai. Kereta ini dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 431 km/jam.

5. AGV (Automotrice à grande vitesse) – Perancis:

AGV adalah kereta api kecepatan tinggi buatan Alstom yang digunakan oleh operator kereta api Italia dan Prancis. Kecepatan maksimumnya dapat mencapai lebih dari 360 km/jam.

 

6. CRH380A – Tiongkok:

CRH380A adalah kereta api kecepatan tinggi Tiongkok yang digunakan dalam layanan Cina. Kecepatan maksimumnya mencapai sekitar 380 km/jam.

7. ICE (InterCityExpress) – Jerman:

Kereta api ICE Jerman adalah salah satu kereta api tercepat di Eropa. Beberapa varian ICE, seperti ICE 3 dan ICE T, dapat mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Harap diingat bahwa perkembangan teknologi kereta api terus berlanjut, jadi mungkin ada kereta api baru yang lebih cepat yang telah diperkenalkan setelah pengetahuan saya yang terakhir pada September 2021. Kecepatan kereta api juga tergantung pada rute, perjalanan, dan jenis kereta api yang digunakan.

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.