5 Museum Kereta Api Di Indonesia

5 Museum Kereta Api Di Indonesia

Bagikan

5 Museum Kereta Api Di Indonesia

Museum Kereta Api adalah destinasi menarik bagi pecinta sejarah dan teknologi. Museum ini tidak hanya menyajikan berbagai jenis kereta api dari masa lalu hingga masa kini, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang evolusi transportasi kereta api dan dampaknya terhadap masyarakat dan perkembangan ekonomi.Di Indonesia memiliki sejarah yang kaya dalam pengembangan sistem transportasi kereta api, dan salah satu cara terbaik untuk menggali lebih dalam ke dalam warisan ini adalah dengan mengunjungi Museum Kereta Api.

1. Museum Kereta Api Ambarawa:

Terletak di Ambarawa, Jawa Tengah, museum ini memiliki koleksi kereta api kuno yang cukup besar. Museum ini juga memiliki jalur kereta api kuno yang masih beroperasi dengan menggunakan lokomotif uap pada akhir pekan, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman naik kereta api uap. 

2. Museum Kereta Api Bondowoso :

Stasiun ini menjadi salah satu elemen penting di zaman perjuangan. Pasalnya, di Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso, kamu bisa bersua dengan “Gerbong Maut”! Buat yang belum tahu, Gerbong Maut adalah tiga gerbong yang ditumpangi sekitar 100 pejuang Indonesia yang menjadi tawanan Belanda. Mereka disekap dalam perjalanan 16 jam dari Bondowoso ke Surabaya dengan menahan lapar dan udara tipis hingga akhirnya semua pejuang tersebut meninggal dunia. Tertarik buat mengulik? SIlahkan datang ke kota Bondowoso di Jawa Timur

3. Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII):

Terletak di Jakarta, museum ini memiliki beragam koleksi kereta api, termasuk lokomotif uap, kereta penumpang, dan kereta kargo. Museum Transportasi TMII juga menampilkan replika berbagai jenis transportasi lainnya yang digunakan di Indonesia. 

4. Museum Kereta Api Lawang Sewu :

Museum Kereta Api Lawang Sewu adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta sejarah, penggemar kereta api, dan mereka yang tertarik dengan arsitektur bangunan bersejarah. Museum ini terbuka untuk umum, dan tiket masuk biasanya sangat terjangkau

5. Museum Kereta Api Sawahlunto:

Terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat, museum ini memamerkan sejarah pertambangan batu bara dan kereta api di daerah tersebut. Pengunjung dapat melihat koleksi lokomotif uap, gerbong, dan peralatan tambang. 

BACA JUGABatu Kerikil Di Rel Kereta Api, Apa Fungsinya?

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.