5 Fakta Hari Raya Idul Adha Yang Harus Kamu Tau

Bagikan

Pada tanggal 1 September 2017 Hari Raya Idul Adha tiba, hari raya yang identik dengan pelaksanaan ibadah kurban dan Haji ini sangat ditunggu oleh umat islam di seluruh dunia.

Perayaan Hari Raya Idhul Adha sevara garis besar hampi sama seperti seperti merayakan Idul Fitri, diawali pada pagi hari melakukan Shalat Ied dengan berjamaah. Sholat Idhul Adha bisa dilakukan di tanah lapang ataupun masjid. Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Berikut 5 fakta Hari Raya Idul Adha yang harus kamu tau

1. Dirayakan setiap Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dan terakhir dalam penanggalan hijriyah, didalam bulan ini terdapat beberapa kegiatan penting Umat Islam. Selain terdapat hari raya Idul Adha, Ibadah haji juga dilakukan setiap tahunnya pada bulan ini.


2. Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Adha

Foto oleh ayobandung.com

Seperti hari raya Idul Fitri, pagi hari setelah waktu subuh (Biasanya dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB) pada 10 Dzulhijjah umat Islam juga melakukan shalat ied.  Shalat ini masuk dalam kategori shalat sunnah yang mana dilakukan 2 rokaat dengan khotbah diakhir shalat.


3. Penyembelihan hewan kurban

Inti dari Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban, hewan yang boleh disembelih juga sudah ditentukan. Contoh hewan yang boleh disembelih untuk berkurban antara lain Sapi, Kambing, Unta, Kerbau, dan Domba. Hewan kurban di setiap negara juga berbeda-beda, tergantung letak geografis dan kebiasaan konsumsi daging di setiap negara.

Kalau di Indonesia, Sapi dan Kambing adalah hewan kurban utama.


4. Ibadah Haji

Foto oleh @makkah_madina1 | Instagram

Rukun islam ke 5 adalah ibadah haji, bulan dzulhijjah juga biasa disebut bulan haji. Karena pada bulan ini berkumpulnya seluruh umat islam di Mekkah untuk melaksanakan ibadah ini. Haji adalah Kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup . Lebih khususnya, Haji wajib dilakukan oleh semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.


5. Silaturahmi dengan keluarga besar

Foto oleh sumber.com

Hampir sama dengan perayaan Idul Fitri, saat Idul Adha juga ada tradisi silaturahmi dengan keluarga, saudara ataupun teman dekat. Biasanya dilakukan oleh keluarga yang lebih muda mengunjungi saudara yang lebih tua. Tradisi silaturahmi ini adalah tradisi khas di hari raya.


Cukup menarik bukan fakta-fakta mengenai perayaan Idul Adha. Khusus untuk fakta ke-5, bagi yang sedang kangen dengan keluarga dan berencana untuk bersilaturahmi, silahkan cek harga tiket pesawat ataupun kapal laut di Darmawisata Indonesia ya.

Selamat hari raya Idul Adha, Darma People. Mohon maaf lahir dan batin, ya.

Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.