Darmawisata Indonesia
Berbagi informasi, promosi wisata, tips dan trik seputar tour, travelling, hotel, tiket pesawat, bus, kapal laut, umroh, haji, harga murah ...

Mengenal Tugu Pahlawan, Monumen Bersejarah di Surabaya

Berwisata ke Surabaya kurang lengkap jika tidak mampir ke Tugu Pahlawan, Monumen yang dikenal sebagai simbol untuk menghargai perjuangan Arek-Arek Suroboyo saat menghadapi tentara sekutu tahun 1945 silam ini menjadi ikon Kota Surabaya karena kaya akan cerita sejarahnya.

Tugu Pahlawan berdiri kokoh setinggi 40,45 meter dan berdiameter selebar 3,10 meter dengan ukiran Trisula bermotif Cakra, Stamba, dan Padma sebagai simbol api perjuangan. Memiliki luas tanah 1,3 hektare, Monumen berbentuk paku terbalik ini terletak di pusat kota yang beralamat di Jalan Bubutan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya. Tepat di depan Kantor Gubernur Jawa Timur.

Tujuan didirikannya monumen ini adalah untuk menghormati keberanian Arek-Arek Suroboyo memperjuangkan Kota Surabaya dari para sekutu. Di dalam komplek bangunan ini terdapat Museum 10 November. Museum ini didirikan untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan yang gugur di medan perang kala itu, lengkap dengan ilustrasi dan patung-patung pahlawan nasional. Museum 10 November diresmikan pada tanggal 19 Februari tahun 2000 oleh presiden keempat Indonesia, K.H Abdurrahman Wahid atau yang kerap disapa Gus Dur.

Yang menarik dari kompleks ini ada pada bagian pintu masuk utama. Pengunjung akan langsung disambut oleh patung Bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Area pintu masuk utama ini menjadi spot foto paling ramai diantara spot-spot lainnya karena selain mendapatkan lanskap Bapak Proklamator, kegagahan Tugu Pahlawan juga terlihat jelas bila disorot oleh kamera.

Tugu Pahlawan menjadi tempat wisata unggulan Kota Surabaya, pengunjung yang datang sebagian besar berniat untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah Indonesia, terutama di Kota Surabaya. Tidak jarang, sekolah-sekolah di sekitar Jawa Timur memilih Tugu Pahlawan dan Museum 10 November sebagai salah satu pilihan study tour, tujuannya untuk mengenalkan sejarah dan memupuk rasa cinta kepada tanah air.

Jika kamu ingin mengunjungi Tugu Pahlawan, bisa menggunakan Bus Kota atau menggunakan Kereta Api dengan tujuan Stasiun Surabaya Kota. Jadi, kapan kamu belajar sejarah ke Tugu Pahlawan?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.