Darmawisata Indonesia
Berbagi informasi, promosi wisata, tips dan trik seputar tour, travelling, hotel, tiket pesawat, bus, kapal laut, umroh, haji, harga murah ...

5 Lokasi Surfing Terbaik di Indonesia

5 lokasi surfing terbaik di Indonesia yang mendunia

5 lokasi surfing terbaik di Indonesia berikut mungkin akan membuat Darma People bergegas mencoba olahraga yang memanfaatkan ombak ini

Surfing merupakan olahraga yang berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan tubuh saat papan dan ombak sudah menyatu dengan mengandalkan arus ombak yang tinggi.

1. Pantai Bangko-Bangko (Desert Point), Lombok

Pantai Bangko-bangko Desert Point, Lombok
Foto oleh @leandrokeesse | Instagram

Pantai Bangko-Bangko atau biasa disebut Desert Point adalah lokasi surfing favorit di dunia nomor 6 versi International surfing Association. Terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, tepatnya di Barat Daya Pesisir Lombok. Dengan ciri khas Ombak Kiri, dimana ketika berselancar ada saat yang dinamakan “lefthand
yaitu ketika terdorong ombak hanya bisa meluncur ke sisi kiri. Hanya di Pantai Bangko-Bangko (Desert Point) anda bisa menemukan tipe ombak yang tidak mudah pecah dan berbentuk dinding cekung selama 10 detik atau bahkan mencapai 20 detik lamanya dengan dinding terpanjang yang mencapai 300 meter, sebuah syarat penting yang paling dicari oleh para peselancar domestik dan mancanegara.

2. Pantai Plengkung ( G-Land ), Banyuwangi

Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi
Foto oleh @bobbysgland | Instagram

Pantai Plengkung atau biasa disebut (G-Land) sudah menjadi spot andalan peselancar mancanegara maupun domestik. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Keunikan ombak di G-Land adalah baru pecah setelah 1 hingga 2 km dari arah timur ke barat dengan ketinggian mencapai 4-6 meter dalam interval 5 menit. Dengan kondisi tersebut membuat peselancar dapat menikmati gulungan ombak atau “barrel” yang lebih lama dan panjang. Oleh karena itu tidak mengherankan Pantai Plengkung sudah lima kali menjadi tuan rumah ajang Surfing Internasional. Dengan formasi ombak raksasa yang datang saling susul sebanyak 7 lapis dan bersusun “go to left” membuatnya cocok ditunggangi peselancar kidal. Inilah yang membuat G-Land menjadi idaman dunia surfing internasional dan salah satu pantai yang mempunyai ombak terbaik di dunia.

3. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat
Foto oleh @carneiro_pedro_ | Instagram

Salah satu spot Surfing terbaik di Indonesia ada di Provinsi Sumatera Barat yaitu Kepulauan Mentawai, dengan lokasi yang berada di tengah Samudera Hindia membuat lokasi yang satu ini dikelilingi alam laut yang indah dan mengagumkan. Di kepulauan Mentawai sendiri terdapat beberapa spot selancar dengan ombak yang besar dan tinggi, antara lain di Desa Bosua yang memiliki gulungan ombak mencapai 3 meter, Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei dengan ketinggian ombak mencapai kurang lebih 4 meter atau Pulau Karamajat yang memiliki ombak panjang dan tinggi yaitu mencapai 2 hingga 4 meter. Dengan banyaknya spot inilah Kepulauan Mentawai bisa disebut surga bagi para peselancar.

4. Tanjung Setia, Lampung

Tanjung Setia, Lampung
Foto oleh @viulkhasa | Instagram

Lampung juga memiliki Pantai yang cocok untuk surfing, bernama Tanjung Setia dan terletak di wilayah Krui Kabupaten Pesisir Barat, sebelumnya Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Disebut-sebut sebagai salah satu ombak terbaik di dunia oleh peselancar mancanegara, Pantai Tanjung Setia dengan setia menyuguhkan gulungan ombak sempurna dengan ciri khas ketinggian yang mencapai 6 sampai 7 meter dengan panjang sekitar 200 meter, oleh karena itu pantai ini menjadi tujuan para selancar dari penjuru dunia. Ombak yang tinggi dipantai ini biasanya berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus.

5. Pulau Nihiwatu, Sumba Barat, NTT

Pulau Nihiwatu, NTT
Foto oleh @childsphotos | Instagram

Satu lagi pantai di Indonesia yang menjadi pantai terbaik untuk kegiatan surfing, Pantai Nihiwatu berlokasi di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai sepi ini menjadi tujuan populer para peselancar yang datang untuk mencoba membelah ombak yang dikenal sebagai God’s Left. Ombak di tempat ini merupakan salah satu yang tercepat di dunia. Jika kamu termasuk peselancar yang menginginkan ombak cepat yang dapat memacu adrenalin, jangan lupakan ombak di Nihiwatu ya!

Dengan melihat kelima spot diatas, lokasi surfing mana yang menjadi favorit Darma People?

You might also like
1 Comment
  1. mila says

    Indonesia memang keren, tempat surfingnya sudah terkenal
    Yuk kunjungi http://grajagan.com/

Leave A Reply

Your email address will not be published.