5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bisnis Travel Online

Bagikan

Apa sih bisnis travel online itu?

Bisnis online yang sedang berkembang di Indonesia ini mulai menarik banyak pengusaha untuk terjun di dalamnya. Fakta menarik yang mendorong para pengusaha beralih ke bisnis ini adalah peningkatan jumlah penumpang pesawat terbang dari tahun ke tahun.

Jumlah penumpang pesawat terbang sepanjang Januari – Desember tahun 2016 mencapai 95,2 juta penumpang. Terdiri dari penumpang domestik sebanyak 80,4 juta orang atau naik 16,97% dan jumlah penumpang internasional sebanyak 14,8 juta orang atau naik 8,16% dibanding periode yang sama pada tahun 2015.

Kecuk Suhariyanto – Kepala BPS (Badan Pusat Statistik)

Dengan statistik mengesankan diatas, bisnis ini langsung menjadi pilihan utama para pelaku bisnis, khususnya di Indonesia. Bukan hanya pelaku bisnis yang sudah pengalaman, para pemula juga sudah banyak yang membuktikan kemudahan dan keuntungan dari bisnis ini.

Untuk kamu yang masih belum mengenal bisnis ini, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus bisnis travel online:


1. Modal rendah

Semua bisnis pasti membutuhkan modal, tetapi besaran angka modal tersebut berbeda untuk setiap bidang bisnis. Keuntungan lain dari bisnis travel online sekarang adalah kemudahan akses yang hanya dengan menggunakan komputer/pc maupun smartphone via aplikasi.

Lalu, berapa modal yang dikeluarkan saat memulai bisnis travel online? Ambil kalkulatormu dan mulailah menghitung!

Jika kamu memulai bisnis ini menggunakan komputer/pc, yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet. Karena sistem yang akan dipakai untuk transaksi sudah terhubung dengan agen travel online yang sudah menjadi partner resmi setiap maskapai. Untuk biaya bergabung dengan agen travel juga bervariasi, ada yang tidak memungut biaya (gratis) ada juga yang berbayar (mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah).

Untuk masalah sistem, kamu bisa memilih sesuai selera, yang jelas modal awal memulai bisnis travel online sangat rendah karena sudah ada sistem yang menyediakan layanan mitra keagenan dengan gratis.

Jika kamu masih terhalang kendala tempat yang digunakan untuk usaha, tidak usah khawatir. Memulai bisnis ini tidak seribet yang biasa dipikirkan pelaku bisnis pemula. Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, kamu sudah bisa memulainya. Aplikasi yang disediakan juga bisa didownload gratis di google play store ataupun app store.

Jadi, kamu bisa memulai bisnis ini dimanapun dan kapanpun.


2. Komisi menguntungkan

Lanjut poin kedua, setelah permasalahan modal sudah teratasi dengan kemudahan bergabung yang diberikan oleh travel agent dengan pendaftaran gratis.

Komisi/penghasilan sangat berpengaruh dalam bisnis ini, lalu bagaimana komisi dan skema keuntungan dari bisnis travel online? Komisi yang akan kamu terima dari bisnis ini tergantung dari syarat dan ketentuan yang diberikan oleh travel agent yang menjadi partner kamu dalam berbisnis.

Di Indonesia ada bermacam travel agent yang memberikan penawaran keagenan dengan komisi yang berbeda-beda. Dalam hitungan komisi, travel agent yang menjadi partner mempunyai peran penting dalam menentukan besaran angka komisi yang kamu terima. Karena tidak semua travel agent yang memberikan harga agent kepada mitranya. Jadi, memilih travel agent juga harus lebih selektif.


3. Market yang luas

Dengan populasi jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia tentu sangat mempengaruhi permintaan masyarakat dalam segi moda transportasi, apalagi letak dan susunan wilayah Indonesia yang sebagian besar dipisahkan oleh perairan. Semua moda transportasi yang disediakan oleh sistem travel online sangat berpotensi mendapatkan keuntungan baik dari tiket pesawat, tiket kapal laut ataupun tiket bus.

Keterangan Jumlah
Kota Besar Lebih dari 100 Kota Besar
Provinsi 34 Provinsi
Pulau 17.504
Bandara Lebih dari 100 Bandara berstatus aktif
Penumpang Lebih dari 95 jt penumpang pesawat

4. Produk & layanan beragam

Bagai peribahasa “Sekali dayung dua tiga pulau terlampau”. Bisnis travel online juga sangat berpotensi untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Jika kamu sudah berpengalaman di bidang ini, pasti akan mengetahui produk apa saja yang biasanya tersedia di agen travel online. Tentu berbeda dengan orang yang masih awam , mereka mungkin hanya mengetahui jika agen travel online hanya berjualan tiket pesawat.

Untuk kamu yang tergolong awam, buang jauh-jauh pemikiran itu. Karena agen travel online sudah semakin mengembangkan jangkauan area bisnisnya. Bukan hanya tiket pesawat, pelaku bisnis ini juga sudah mengembangkan produk layanan lainnya seperti tiket bus, tiket kapal laut, tiket kereta, voucher hotel, paket tour, paket umroh, sewa mobil, pembayaran PPOB hingga pembelian pulsa.

Silahkan bayangkan tentang keuntungannya!


5. Banyak tempat wisata

Indonesia mempunyai banyak tempat yang menawan mulai dari Sabang hingga Merauke. Semakin gencar promosi wisata yang dilakukan pemerintah juga menjadikan nilai tambahan untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Dengan kekayaan budaya, bahasa dan adat, menjadi magnet tersendiri untuk menarik turis mancanegara mengunjunginya.

Lalu apa hubungannya dengan bisnis travel?

Dengan semakin banyaknya permintaan akan kunjungan wisata juga semakin membuka peluang untuk produk paket tour. Tidak hanya itu saja, jika para wisatawan membutuhkan transportasi untuk mengunjungi suatu tempat, produk tiket pesawat, tiket bus dan kereta bisa menjadi kelebihan dari bisnis ini. Produk voucher hotel juga tak kalah bersaing karena untuk mengunjungi tempat wisata juga diperlukan tempat untuk bermalam.

Yang jelas bisnis travel online tidak jauh dari kebutuhan wisata dan transportasi. Sehingga sangat dekat dengan permintaan masyarakat di Indonesia.


Jadi, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari bisnis yang sangat menguntungkan ini?


Bagikan

Baca Juga lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.